MUSIK ASIA


Musik india merupakan musik asli yang berasal dari india dan diciptakan oleh mereka sendiri dengan menggunakan alat musik yang tidak modern dan sangat tradisional.

SEJARAH PERKEMBANGAN MUSIK INDIA.
Perkembangan musik India dimulai kira-kira sejak abad ke-2 setelah masehi. Bangsa Arya yang bermigrasi ke India membawa pengaruh yang besar terhadap perkembangan musik di India. Musik bagi bangsa India memiliki arti tersendiri, yang pengaruhnya sangat besar terhadap magis, religius, kesusastraan, ilmu, dan seni lainnya.
Permulaan dan inspirasi bagi musik India adalah memuja para dewa dan dewi. Menurut legenda, dewa Shiwa yang menciptakan suara, irama, dan tari-tarian yang lalu Ia turunkan lewat orang bijak dan diajarkan kepada manusia. Seorang guru yang bernama Narada adalah seorang musisi spiritual dan penyanyi yang menulis buku risalah tentang musik naradasiksa. Guru bernama Barata yang menulis Natyasastra yang berisikan tentang musik, tarian dan drama. Sebuah tradisi yang sejak dulu tidak tertulis sangat sulit untuk dilacak dan dievaluasi. Namun sumber-sumber musik India kuno dapat ditemukan di Sarna Verda. Berisikan ikhtisar dari nyanyian-nyanyian yang dinyanyikan jaman dulu oleh pendeta brahma kepada dewa-dewi vedic (sekitar 100-600 SM) Sarna Verda juga menjelaskan tentang 7 not dalam scale dan 3 macam instrumen. Yaitu Vina (instrumen musik dengan 7 senar),Veni (suling), dan dundubhi (drum).
Setelah periode vedic, memasuki periode klasik India, muncul adanya teori mengenai grama (scale), murchanna (modes), dan jati (spesies). Musik secara bertahap menjadi lebih terarah dan kompleks.sebelum era Kristen musik telah berkembang sebagai musik sekuler di India.Kehadiran agama islam juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan musik di India di mana terjadi peleburan dua budaya yang berbeda yaitu India dengan budaya Persia, Arabia, sampai Mesir. Jenis musik baru dan alat musik baru bermunculan. Di era inilah instrumen Vina/Veena berkembang menjadi Sitar. Salah satu hal yang paling menarik dari perkembangan musik di periode islam adalah penggabungan seni musik dengan seni lukis.

RAGAM MUSIK INDIA

MUSIK KLASIK
Dua tradisi utama dari musik klasik adalah musik Carnatic, ditemukan terutama di daerah semenanjung, dan musik Hindustan, ditemukan di daerah utara dan pusat.

MUSIK KLASIK HINDUSTAN
Hindustan, musik India klasik yang kembali ke kali Veda sekitar 1000 SM. Ini dikembangkan lebih lanjut sekitar abad ke 13 dan 14 dengan pengaruh Persia dan dari musik religius juga rakyat yang ada. Praktek bernyanyi berdasarkan catatan yang populer bahkan dari zaman Weda di mana himne dalam Veda Sama (sebuah teks suci) dinyanyikan sebagai Samagana (lagu suci) dan tidak dinyanyikan.  Hal ini dikembangkan dengan tradisi yang kuat selama beberapa abad, hal ini didirikan terutama di India, tetapi juga di Pakistan dan Bangladesh. Berbeda dengan musik Carnatic yang utama lainnya, musik daerah india merupakan musik tradisi klasik yang berasal dari Selatan.
Musik  Hindustan tidak hanya dipengaruhi oleh tradisi musik Hindu kuno, sejarah di daerah Veda dan suara asli India, tetapi juga diperkaya oleh Musik Persia.

MUSIK CARNATIC 
Musik carnatic mulai muncul pada abad 15 Masehi dan masih dipakai hingga saat ini. Carnatic musik yang melodius. Penekanan utama adalah pada vokal sebagai komposisi sebagian besar ditulis untuk dinyanyikan, dan bahkan ketika diputar pada instrumen, diharuskan untuk melakukan gaya dalam bernyanyi (dikenal sebagai gayaki). 
Purandara Dasa dianggap sebagai ayah dari musik Carnatic. Sri Tyagaraja, Sri Syama Sastry dan Sri Muthuswami Dikshitar dianggap pelopor musik Carnatic dan dengan mereka, datang zaman keemasan dalam musik Carnatic pada abad ke 18-19 Masehi. Seniman Musik Carnatic di antaranya: MS Subbulaksmi,  Ariyakudi Ramanuja Iyengar,  Semmangudi Srinivasa Iyer,  TN Seshagopalan.
Sistem Nada Musik India Semenjak abad ke-19 India memiliki susunan tangga nada yang tetap. Dalam satu oktaf telah ditetapkan terbagi menjadi 22 syurti (interval) yang tidak sama.
Musik Tradisional Musik tradisional India diajarkan melalui metode oral (lisan), dan sampai abad ke-20 tidak menggunakan notasi sebagai media utama pembuatan lagu. Aturan dan komposisi musik India sendiri, diajarkan dari guru ke Shishya (siswa), secara pribadi atau turun temurun dan dirahasiakan. Jadi, musik ini tidak terlalu dikenal.

CONTOH MUSIK INDIA:  
Kuch kuch hota hai
Chaiyya chaiyya
Oh my darling, I love you
Dil Kya Kare
Koi Mil Gayya

ALAT MUSIK DARI INDIA:
(edited)

TOKOH MUSIK INDIA: 
MS Subbulaksmi
Ariyakudi Ramanuja Iyengar (1890–1967)
Semmangudi Srinivasa Iyer
TN Seshagopalan
Unnikrishnan P
Balamurali Krishna

Thank's to :
Gita Cyntia A. @09
Gusvika Putri S. @10
Helmi Yusuf Susanto @12
Randy Dwirizaldi H. @23
Sabila Naser @25
Sutan Andreas Parlindungan H. @26